Produk dan Penentuan Harga jual

Tips Menentukan Harga Jual Suatu Produk | Alona.co.id

Halo semua, bertemu kembali dengan saya si blogger kece kali ini saya akan membuat artikel seputar "Produk dan Penentuan Harga jual". So, pastikan kalian membaca artikel ini ya agar kita sama-sama belajar jika ingin membangun usaha kedepannya nanti. Let's Check it Out!!


Pertama saya akan membahas tentang apa itu Produk ?

Produk

Dalam bisnis, produk adalah barang atau jasa yang dapat diperjualbelikan. Dalam marketing, produk adalah apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan. Dalam tingkat pengecer produk sering disebut sebagai merchandise. Dalam manufaktur, produk dibeli dalam bentuk barang mentah dan dijual sebagai barang jadi. Produk yang berupa barang mentah seperti metal atau hasil pertanian sering pula disebut sebagai komoditas.
Kata produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya". Bentuk kerja dari kata product, yaitu produce, merupakan serapan dari bahasa latin prōdūce(re), yang berarti (untuk) memimpin atau membawa sesuatu untuk maju. Pada tahun 1575, kata "produk" merujuk pada apapun yang diproduksi ("anything produced"). Namun sejak 1695, definisi kata product lebih merujuk pada sesuatu yang diproduksi ("thing or things produced"). Produk dalam pengertian ekonomi diperkenalkan pertama kali oleh ekonom-politisi yaitu Adam Smith.
Dalam penggunaan yang lebih luas, produk dapat merujuk pada sebuah barang atau unit, sekelompok produk yang sama, sekelompok barang dan jasa, atau sebuah pengelompokan industri untuk barang dan jasa.

Lalu kita lanjut kebagian penentuan harga jual, disini saya akan menjelaskan beberapa bagian seputar "Penentuan Harga Jual"

1. Cara menentukan harga jual produk anda dan sesuai dengan sasaran bisnis

- Dengarkan pelanggan

Cobalah untuk melakukan ini secara rutin dengan mendapatkan umpan balik dari pelanggan tentang harga Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda peduli dengan apa yang mereka pikirkan.

- Pantau kompetitor Anda

Riset pasar adalah kunci. Kompetitor Anda terus melakukan hal itu, begitupun seharusnya dengan Anda. Sekalipun misalnya produk Anda adalah pionir pada pasaran, memantau kompetitor dan terus berinovasi adalah hal yang sangat penting yang harus bisnis Anda lakukan. Jangan pernah terbuai dengan apa yang sudah ada. masih ingat betapa hebatnya perusahaan Nokia jaman dahulu? bagaimana dengan sekarang?

- Memiliki Rencana Harga Berkesinambungan

Cobalah untuk memiliki rencana untuk menentukan harga jual produk Anda berdasakan tenggang waktu. Misalnya tiga hingga enam bulan kedepan.
2. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga jual
- Kenali Pelanggan anda
Melakukan semacam riset pasar sangat penting untuk mengenal pelanggan Anda. Jenis penelitian ini dapat berupa survei informal dari basis pelanggan yang ada. Anda dapat  mengirimkan email survei bersama dengan promosi produk Anda.
Opsi lainnya adalah menggunakan pihak ketiga, yaitu perusahaan riset. Perusahaan riset pasar dapat menjelajahi konsumen dari pangsa pasar produk Anda dan mensegmentasikan calon pelanggan Anda dengan sangat terperinci, baik berdasarkan demografi, berdasarkan apa yang mereka beli, apakah mereka sensitif terhadap harga, dll.
- Ketahui biaya (cost) anda
Prinsip dasar menentukan harga jual adalah Anda harus menutupi cost dan kemudian menghitung laba. Itu berarti Anda harus tahu berapa banyak biaya produksi Anda. Anda juga harus memahami berapa banyak produk yang harus Anda jual untuk menghasilkan keuntungan.
- Ketahui target pendapatan anda
Anda juga harus memiliki target pendapatan untuk besaran laba yang Anda inginkan dari bisnis Anda. Dalam penentuan target ada banyak faktor yang perlu Anda perhatikan, misalnya adalah, faktor cost produksi, pemasaran, dan besar penjualan produk Anda.
- Ketahui Kompetitor anda
Mengetahui kompetitor berarti Anda bisa mengetahui persaingan. Hal ini juga dilakukan oleh pelanggan Anda. Apakah produk yang ditawarkan kompetitor sebanding dengan milik Anda? Jika demikian, Anda dapat menggunakan harga jual yang mereka tawarkan sebagai parameter awal.  Lihat juga apakah ada nilai tambah dalam produk Anda. Jika iya, Anda mungkin bisa menggunakan harga yang lebih tinggi dari kompetitor Anda dalam mentukan harga jual.
- Ketahui pasar yang dituju
Jelas Anda tidak bisa menjadi peramal, tetapi Anda dapat melacak faktor-faktor eksternal yang akan memengaruhi permintaan pada produk Anda di masa depan. Faktor-faktor ini dapat berkisar dari sesuatu yang sederhana seperti pola cuaca jangka panjang hingga undang-undang yang dibuat pemerintah yang dapat memengaruhi penjualan produk Anda di masa mendatang. Juga memperhitungkan pesaing Anda dan tindakan mereka. Contohnya adalah: apakah pesaing akan menanggapi Anda tentang pengenalan produk baru di pasar dengan melibatkan bisnis Anda dalam perang harga?
Demikian artikel singkat dari saya mohon maaf jika ada salah penulisan..
                                                Sekian dan Terima kasih



Komentar