BUSINESS MODEL CANVAS
yO, Bertemu lagi dengan saya si blogger kece kali ini saya akan membuat artikel singkat yang membahas seputar BMC (Business Model Canvas). So Let's Check it out
1. Definition of a Business Model
Sebelum
membahas lebih jauh mengenai konsep ini, kita perlu memahami apa yang dimaksud
Business Model.Business Model adalah gambaran dasar bagaimana
sebuah organisasi membuat, men-deliver dan menangkap value yang ada. Business
Model bersifat seperti blueprint untuk strategi yang akan diimplementasikan ke
seluruh organisasi, proses dan sistem. Semua pelaku bisnis harus memiliki
pemahaman yang sama terhadap Business Model sehingga diperlukan sebuah konsep
yang dapat memberikan satu gambaran standar.
Jadi pada dasarnya BMC (Business Model Canvas) adalah kerangka
kerja yang bertujuan mempermudah mempresentasikan business model. Kanvas disusun dengan tujuan untuk menjelaskan, menilai,
memvisualisasikan, serta mengubah model bisnis sehingga kinerja yang dihasilkan
oleh startup lebih maksimal.
Model bisnis ini bisa diterapkan oleh semua jenis startup tanpa
terbatas sektor usaha.
Lalu nih guys ada 9 elemen penting yang terdapat pada BMC, apa saja itu ? mari kita bahas beserta dengan contohnya;
- Customer Segments
- Value Proposition
- Channels
- Customer Relationship
- Revenue Streams
- Key Resource
- Key Activities
- Key Partnership
- Cost Structure
Customer Segments : disini biasa kita menentukan target pasar kita entah itu anak-anak atau orang dewasa. Siapa yang akan memberli produk anda ? siapa yang akan membayarnya dll.
Value Proposition : Alasan orang menggunakan produk anda, Keunggulan anda dibandng kompetitor lain itu apa saja ?
Channels : Bagaimana pelanggan tau produk/jasa anda tawarkan ? Cara agar produk itu sampai ketangan pelanggan. dan keefektifan nya.
Customer Relationship : Bagaiman cara anda untuk selalu connect dengan pelanggan ? Bagaimana cara anda memastikan pelanggan puas dengan produk anda.
Revenue Streams : Bagaimana cara bisnis anda menghasilkan uang? Apa saja sih produk/jasa yang anda jual.
Key Resource : Sumber daya utama dari bisnis anda apa saja sih ? Aset apa saja sih yang diperlukan agar bisnis anda bisa bersaing dengan kompetitor lain.
Key Activities : Apa yang anda lakukan untuk menciptakan Value Proposition? Apa strategi bisnis anda agar targer perusahaan tercapai.
Key Partnership : Siapa saja pihak supplier/vendor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan anda.
Key Partnership : Siapa saja pihak supplier/vendor yang paling menentukan kesuksesan perusahaan anda.
Cost Structures : Pengeluaran apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis model ini ? Komponen apa saja yang dibutuhkan pada setiap Key activites, resource serta channels.
Sekian & Terima Kasih
Komentar
Posting Komentar