Aspek Pemasaran dalam Berwirausaha


YOOO.... kali ini kembali lagi dengan saya si blogger kece HEHEHEHE, Pada pembahasan kali ini saya ingin mebahas seputar aspek-aspek penting apa aja sih yang perlu kita ketahui sebelum mulai berwirausaha ? dan juga apa saja sih yang kita perlukan untuk memulai berwirausaha tersebut ? 
Nah, Berikut saya akan menjelaskan secara singkat pada dan jelas tentang itu semua menurut Opini saya. So, Lets check it out!!


PEMASARAN 
Definisi marketing atau pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk memproduksi suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk kekonsumen atau perushaaan lain.

Fungsi dari pemasaran ini apa saja sih ? nah berikut ini adalah fungsi-fungsi dari pemasaran atau marketing.
A) Pengenalan produk
B) Riset 
C) Distribusi
D) Layanan Purnajual

Lalu aspek apa saja sih yang dibutuhkan dalam berwirausaha ? Kebetulan saya sudah merangkum beberapa aspek dalam berwirausaha yaitu : 

1. Spesifikasi Produk dan Product Differentiation
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang pertama adalah spesifikasi produk dan product differentiation.Spesifikasi produk tersebut misalnya saja bagaimana bentuknya secara fisik, apa mereknya, bagaimana produk tersebut dikemas, apakah disertai garansi dan lain sebagainya.

Sebuah produk baru bisa Anda kembangkan jika Anda sudah mengetahui secara pasti apa keperluan dan kebutuhan pasarnya. Hal ini karena tidak mungkin Anda memasarkan suatu produk jika tidak ada permintaan yang potensial dan kontinyu dari pasar. Jadi strategi pemasarannya pada aspek spesifikasi produk dan perbedaan produk adalah dengan membuat merek baru atau inovasi terkait kemasannya.


2. Segmentasi pasar
Kenapa segmentasi pasar perlu Anda lakukan? Hal ini karena dalam praktik nyata masih saja terdapat produk yang heterogen pada seluruh pasar. Selain itu bisa juga karena produk tersebut hanya dibutuhkan dan diperlukan oleh satu kelompok pasar tertentu saja.
Dengan segmentasi pasar ini maka usahanya akan lebih ekonomis karena unit-unit pembelian sudah dikelompokkan ke dalam beberapa segmen saja.

3. Analisa peramalan pasar dan Permintaan 
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan berikutnya adalah analisa pasar dan peramalan permintaan. Analisa pasar merupakan bagian dari analisis aspek pemasaran yang mana merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Langkah ini dibutuhkan untuk mengatur dan merencanakan sebuah strategi yang pas dan sesuai dengan kondisi pasar.
Kenapa analisa pasar sangat penting? Karena dengan aspek pemasaran analisa pasar ini Anda dapat menemukan sebuah peluang yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Selain itu dengan analisa pasar Anda juga bisa mengembangkan usaha dan bisnis Anda menjadi lebih maju. Coba kamu bayangin ingin buat sesuatu tapi tidak dianalisis dan dipikirkan dengan matang pasti hasilnya akan jelek dan keteteran.

4. Peramalan Penjualan
Peramalan penjualan adalah salah satu aspek pemasaran dalam kewirausahaan yang mana sangat diperlukan jika Anda ingin memulai sebuah bisnis. Peramalan penjualan harus tepat yang mana akan berpengaruh terhadap bisnis Anda di masa depan.
Kenapa ramalan penjualan begitu penting? Hal ini karena ramalan penjualan bisa dijadikan dasar untuk menentukan kuota, pedoman untuk mengembangkan produk, merencanakan sebuah promosi serta pengalokasian SDM/tenaga kerja.

5. Analisa Pesaing
Bisa dibilang analisa pesaing ini adalah aspek pemasaran yang paling penting dalam studi kelayakan bisnis. Jika Anda ingin perusahaan Anda tidak kalah dari kompetitor maka Anda harus melakukan analisa pesaing. Ini juga akan menjadi penentu dimana Anda memposisikan perusahaan Anda dalam dunia bisnis.
Pesaing bisa diartikan perusahaan yang juga menawarkan jasa atau barang yang sama atau mirip dengan perusahaan Anda. Kalau Anda tidak memiliki trik jitu dan analisa mendalam maka bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan konsumen atau tidak mendapatkan konsumen sama sekali.

Jadi bagaimana cara melakukan analisa pesaing? Analisa pesaing dapat Anda lakukan dengan melakukan identifikasi. Identifikasi atas hal apa? Yaitu Anda harus mengidentifikasi kesempatan, ancaman dan persoalan strategis yang mungkin timbul dari suasana persaingan yang potensial.

6. Promosi
Aspek pemasaran dalam kewirausahaan selanjutnya adalah promosi yang mana merupakan ujung tombak dari aspek pemasaran dalam daftar di artikel ini. Promosi bisa diartikan segala upaya yang dilakukan oleh penjual untuk menawarkan produknya kepada konsumen agar ujungnya mereka tertarik untuk membeli.
Promosi adalah aspek yang vital dalam pemasaran karena dengan promosi maka penjual dan menginfokan segala sesuatu terkait jasa dan barang yang ditawarkan kepada konsumen. Gak kebayang deh kalo buat suatu prodak tapi gak ada promosinya. siapa yang mau beli ?.

Jadi intinya pemasaran merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis, semakin baik strategi marketing pada bisnis anda, semakin cepat juga bisnis anda berkembang. 
Demikian Artikel singkat dari saya.

Sekian & Terima kasih

Komentar