MY BISNIS

Holaa guys! lama tak jumpa sudah jeda seminggu yaa kita tak bertemu. Topik yang bakalan saya bahas kali ini adalah mengenai bisnis yang (seandainya) bakalan aku buat/jalani nanti. Aku suka banget hal-hal berbau makanan, nah jika seandainya diberi kesempatan sama Tuhan untuk membuka suatu usaha aku ingin buka usaha kuliner.

Tips Untuk Mengoptimasikan Google My Business di Tahun 2019 ...

                                                         
                                                                         EXECUTIVE SUMMARY

Bisnis Kuliner memang sangat menjanjikan ya, anggap saja saya sudah menjalankan usaha kuliner disebuah rumah makan atau restaurant selama 3tahun dan sekarang saya melebarkan sayap saya hingga ke frozen food, dan bermitra dengan jasa ojek online.

Sumber Ide ? 

saya mendapat ide ini karena terus bengong dan juga sering bercengkrama dengan pemilik kedai makan disekitar tempat tinggal saya dan juga dengan memerhatikan kondisi masyarakat kita saat ini dan perkembangan zaman yang ada tentunya.

Kebetulan juga nih saya merupakan mahasiswa jurusan Teknik Informatika pastinya bagi yang satu jurusan sama saya sudah gak asing lagi dong dengan analisa SWOT, PIECES, dll.
nah, saya ingin menggunakan analisis SWOT pada bisnis yang ingin saya kembangkan :
  • Strength : Saya akan menguatkan dibagian kualitas dan kuantitas pada makanan saya.
  • Weakness : Agak susah untuk menjalin mitra kerja sama dengan banyak company.
  • Opportunity : Memang banyak bisnis kuliner mulai dari rumah makan hingga online tapi saya ingin menjajikan sesuatu yang unik dan berbeda dari sisi kuliner.
  • Threats : Tentu saja company-company besar seperti bisnis kuliner para artis yang sudah punya nama.
Lokasi Usaha : tentu saja ini juga menjadi hal penting, semakin strategis lokasi tempat kita berjualan maka semakin menguntungkan dan banyak income yang masuk.

Inovasi : jika menu yang kita sajikan hanya itu-itu saja tentu konsumen akan bosan untuk itu kita harus melakukan inovasi setiap bulannya dengan mengganti menu-menu yang kita jual agar minat pelanggan semakin tinggi.

Pemasok Bahan Baku : ini juga tidak kalah penting gaes, pemasok ktia harus bisa memberikan bahan yang berkualitas tinggi tentunya bukan abal-abal pokoknya dan tidak mahal pastinya.

Promosi & Target : bagaimana usaha kita mau laku jika kita tidak melakukan promosi sama sekali terhadap usaha yang sedang  kita kembangkan dan kita tidak tau target pasar mana yang akan kita tuju ? dizaman secanggih ini melakukan promosi sudah sangatlah mudah.

                                                                     Metode BMC

Customer Segment : Pastinya semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa butuh makanan kan..

Value Propositions :  Dapur rumahan yang akan siap memproduksi makanan enak dengan kualitas yang tidak mengecewakan.

Channels : Social Media, mulut kemulut.

Revenue Streams : Pendapatan dari rumah makan, Online, dan langganan katering.

Customer Relationship : Fanspage di instagram, facebook, twitter, dll. dan ikut serta dalam acara bazar.

Key activities : Prioritas utama dalam membangun menu masakan yang lezat.

Key Resources : Aset berupa tenaga kerja, rumah makan, modal, hak paten, rahasia restoran dll.

Key Partnership : Agen, Pasar, OnlineShop company, Ojol.

Cost Structure : Pembelian bahan makanan, pengiriman, tupperware, membayar gaji karyawan dan listrik.

Demikian artikel dari saya seputar membangun bisnis saya dimasa depan nanti.. hehe, jika kalian suka dengan artikel-artikel yang saya buat minggu depan mampir lagi ya! ^^ 

Berikut adalah video singkat dari saya seputar BMC  : 





                                                                 Sekian & Terima Kasih

Komentar